Ads 468x60px

Kamis, 20 November 2014

Dua model baru untuk mini PC populer dari Raspberry Pi Foundation

Seiring dengan tingkat popularitas Raspberry Pi, baru-baru ini Raspberry Pi Foundation mengeluarkan dua model revisi untuk menggantikan Raspberry Pi A dan Raspberry Pi B.

Bagi Anda yang kurang familiar dengan Raspberry Pi, Raspberry Pi merupakan modul mini PC dengan dimensi sebesar kartu kredit / kartu KTP. Sebagai pengembang embedded system, tentu pernah terbesit dalam benak kita bahwa betapa mudahnya apabila kita dapat memanfaatkan tenaga pemrosesan PC pada desain sistem yang kita buat. Namun hal tersebut terasa seperti angan-angan saja karena dimensi PC yang besar, biaya tinggi, serta tidak tersedianya GPIO menjadi beberapa batasan utama yang sulit untuk dikesampingkan.

Melalui hadirnya Raspberry Pi, yaitu sebuah PC low cost dengan ukuran sebesar kartu kredit, penggunaan tenaga pemrosesan PC pada proyek embedded system bukan lagi menjadi hal yang sulit lagi. Adapun Raspberry Pi juga telah dilengkapi dengan beberapa GPIO yang siap digunakan untuk mengakses berbagai external device (sensor, LED, aktuator, dll.). Hanya dengan beberapa alasan tersebut, telah banyak kalangan hobyist dan akademisi yang mulai menggunakan Raspberry Pi pada desain sistem mereka.

Kedua model baru yang ditujukan untuk menggantikan Raspberry Pi A dan Raspberry Pi B adalah Raspberry Pi A+ dan Raspberry Pi B+. Perbandingan spesifikasi untuk masing-masing model terdapat pada tabel di bawah.

Raspberry Pi A Raspberry Pi A+ Raspberry Pi B Raspberry Pi B+
Main Chip (SoC)
Broadcom BCM2835
CPU
700 MHz ARM1176JZF-S core
GPU
Broadcom VideoCore IV @ 250 MHz
Memory (SDRAM)
256 MB (Shared with GPU)
512 MB (Shared with GPU)
USB 2.0
1 Port
2 Port
4 Port
Video Port HDMI
RCA jack (composite video)
HDMI
3.5 mm Jack (TRRS)
HDMI
RCA jack (composite video)
HDMI
3.5 mm Jack (TRRS)
On Board Storage SD / MMC / SDIO card slot
MicroSD
SD / MMC / SDIO card slot
MicroSD
Network
-
1x RJ45
GPIO 21 (rev. 2) 26 21 (rev. 2) 26
Power 1.5 W 1 W 3.5 W 3 W
Size 85.60 mm × 56.5 mm 65 mm × 56.5 mm 85.60 mm × 56.5 mm 85.60 mm × 56.5 mm
Weight 45 g 23 g 45 g 45 g

Melalui informasi tabel di atas, spesifikasi utama dari Raspberry Pi A+ dan Raspberry Pi B+ dengan pendahulunya tidaklah berbeda jauh. Adapun beberapa perbedaan utama terdapat pada desain layout dan penempatan komponen.

  1. Penempatan port RJ45 dan USB yang disejajarkan membuat desain Raspberry Pi A+ dan Raspberry B+ menjadi lebih rapi
  2. Tambahan GPIO untuk menghubungkan lebih banyak external device
  3. Jumlah port USB menjadi 4 buah pada Raspberry Pi B+ sehingga kita dapat menghubungkan peripheral tambahan selain keyboard dan mouse
  4. Konektor RCA digantikan dengan jack 3.5 mm yang juga sekaligus merupakan analog audio out
  5. Dimensi Raspberry Pi A+ bukan lagi sebesar kartu kredit, melainkan lebih kecil dari kartu kredit
  6. Mounting hole Raspberry Pi A+ dan Raspberry Pi B+ diletakkan pada ujung board
  7. Raspberry Pi A+ dan Raspberry Pi B+ menggunakan Micro SD (push-push slot) sebagai penyimpan data utamanya, sehingga tidak ada lagi bagian SD card yang menonjol keluar dari PCB

Seperti yang disampaikan oleh Eben Upton, Raspberry Pi A+ dan Raspberry Pi B+ dapat dianggap sebagai "final evolution" dari model Raspberry Pi yang ada saat ini. Melalui pernyataan tersebut, Raspberry Pi Foundation tampaknya tak berkehendak melakukan revisi spesifikasi (seperti peningkatan processor ataupun RAM) untuk Raspberry Pi A dan Raspberry Pi B. Namun pernyataan tersebut juga tidak menutup kemungkinan, apabila akhirnya akan hadir modul mini PC baru dari Raspberry Pi Foundation dengan kemampuan pemrosesan yang lebih tinggi. Mari kita tunggu inovasi selanjutnya dari Raspberry Pi Foundation!

Tertarik untuk memiliki modul Raspberry Pi? Silahkan berkunjung ke DigiWare Store.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar