Ads 468x60px

Jumat, 21 Juni 2013

Cubieboard, mini PC alternatif untuk Raspberry Pi

Saat ini, dunia elektronika sedang dimarakkan dengan kehadiran berbagai modul mini PC. Kemampuan komputer yang dikemas dalam dimensi ringkas menjadikan modul mini PC cocok digunakan untuk berbagai aplikasi embedded yang membutuhkan kehadiran komputer. Modul mini PC yang tentunya sudah tidak asing lagi adalah Raspberry Pi.

Sebagai alternatif, Tom Cubie dan rekan satu tim-nya menghadirkan Cubieboard, yaitu modul mini PC yang berbasiskan mikoprosesor Allwinner A10 ARM-Cortex A8 dengan clock system hingga 1 GHz. Selain itu, untuk pengaksesan device eksternal Cubieboard menyediakan 96 header pin dengan pitch 2 mm yang sebagian besar dapat difungsikan sebagai pin I/O. Cubieboard mendukung sistem operasi Android (default, ICS) ataupun Linux yang mendukung arsitektur ARM seperti ArchLinux, Debian, Fedora, Linaro, Ubuntu, dll.


Spesifikasi singkat :
- Catu daya : 5 VDC
- Berbasis mikroprosesor : ARM Cortex A8 1GHz, A10
- Jumlah port I/O : 96 pin header
- Port antarmuka :
        I2C
        SPI
        RGB/LVDS
        CSI/TS
        FM-IN
        ADC
        CVBS
        VGA
        SPDIF-OUT
        R-TP, dll.
- Bootloader : internal OS
- Fitur :
        1 GB RAM DDR3
        2x USB Port
        uSD Card Slot
        SATA connector
        4 GB NAND Flash
        Mali400 open GL GPU
        HDMI Port, Ethernet Port, 1x IR
- Dimensi : 10 x 6 cm

Adapun Raspberry Pi dibahas pada berbagai forum, sehingga dukungan teknis untuk penggunaannya dapat dengan mudah ditemukan. Namun jika Anda lebih mementingkan performance dan memang lebih suka "meng-oprek", Cubieboard dapat Anda jadikan salah satu bahan pertimbangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar