Ads 468x60px

Jumat, 17 Mei 2013

Penggunaan modul-modul dari Innovative Electronics dengan modul Arduino ataupun Arduino Compatible

Seiring dengan semakin berkembangnya pengguna modul mikrokontroler Arduino maka semakin banyak pula aplikasi yang dikembangkan dengan menggunakan modul mikrokontroler Arduino. Sebagai contoh : Memantau suhu ruangan dengan menggunakan Arduino, Memantau konsentrasi gas tertentu disuatu ruangan dengan menggunakan Arduino, dan masih banyak lagi.

Nah, dari Ardunio sendiri telah menyediakan layout board yang memungkinkan untuk modul-modul sensor ataupun modul peripheral lainya untuk dapat langsung terhubung ke board Arduino. Modul sensor ataupun pelengkap tersebut pada umumnya dinamakan Shield.

Salah satu contoh shield Ardunio
Kemudian muncul pertanyaan, apakah kemudian modul-modul sensor ataupun modul peripheral yang tidak memiliki layout Arduino (tidak berbentuk Shield untuk Arduino) tidak bisa dihubungkan dengan modul Arduino?
Sebagai contoh modul dari Innovative Electronics, yaitu DT-Sense Temperature Sensor, apakah modul ini dapat terhubung ke modul Arduino?
Jawabnya adalah BISA
Bagaimana caranya?

Kita lihat saja pada spesifikasi pada modul sensor ataupun modul peripheral yang akan digunakan.
Jenis antarmuka apa saja yang disediakan oleh modul tersebut untuk dapat terhubung ke modul mikrokontroler?

Sebagai contoh modul DT-Sense Temperature Sensor.
Modul ini memiliki 2 jenis antamruka yang dapat digunakan untuk terhubung ke mikrokontroler, yaitu UART TTL dan I2C.

Fitur antarmuka yang dimiliki oleh DT-Sense Temperature Sensor
Berdasarkan dari informasi ini, maka bisa diambil keseimpulan bahwa DT-Sense Temperature Sensor dapat terhubung ke modul Arduino dengan menggunakan salah satu antarmuka yang disediakan, yaitu UART TTL atau I2C.

Koneksi modul sensor dari Innovative Electronics dengan menggunakan antarmuka UART TTL
Koneksi modul sensor dari Innovative Electronics dengan menggunakan antarmuka I2C
Setelah koneksi pin terhubung dengan benar langkah selanjutnya adalah memprogram Arduino agar dapat berkomunikasi dengan modul sensor tersebut sesuai dengan jensi antarmuka yang digunakan.

Informasi tambahan :
Untuk antarmuka I2C, pada Arduino menggunakan metode pengalamatan device I2C 7-bit, sedangkan pada modul-modul dari Innvoative Electronics menggunakan pengalamatan device I2C 8-bit (AVR GCC, BASCOM-AVR, CodeVisionAVR meenggunakan pengalamatan device I2C 8-bit).

Selamat berinovasi!!!!!!!

7 komentar:

  1. permisi mau tanya...

    boleh ngak minta contoh pemograman/kodingan arduino agar dapat berkomunikasi dengan modul DT-Sense dengan jenis antarmuka UART??

    soalnya udah saya baca-baca manual DT-sense nya masih tidak mengerti dalam pempograman untuk antarmuka UART nya. mohon bantuannya. terimakasih sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saudara dapat mempelajari Application Note dari DT-Sense 3 Axis Accelerometer pada AN225 pada link: http://www.innovativeelectronics.com/files/an_files/AN225n.pdf,
      atau AN215 pada link: http://www.innovativeelectronics.com/files/an_files/AN215.pdf

      Sedangkan untuk link programnya dapat sdr unduh pada link: http://www.innovativeelectronics.com/index.php?pg=ie_pdet&idp=165
      Lalu sdr buka klik bagian Application Note.

      Hapus
  2. Dear Innovative Electronics...

    Kebetulan saya sudah membeli Modul DT-Sense Gas Sensor nya, hanya saja saya mengalami kesulitan untuk bisa meng-komunikasikannya lewat I2C dengan Arduino. Saya sudah baca datasheet dan http://blog.innovativeelectronics.com/2013/05/pengalamatan-7-bit-dan-8-bit-pada.html juga tapi masih belum paham. Mungkin bisa di share contoh library/Arduino code nya agar DT-Sense Gas Sensor bisa dikomunikasikan dengan Arduino

    Terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Modul DT-Sense Gas sensor apakah yang sdr gunakan?
      Kami telah menyediakan Application Note dari penggunaan DT-Sense Carbon Monoxide Sensor dan DT-Sense Carbo Dioxide Sensor pada AN224. Penjelasan Application Note dapat sdr unduh pada link:
      http://www.innovativeelectronics.com/files/an_files/AN224n.pdf
      Sedangkan contoh program dapat sdr unduh pada link:
      http://www.innovativeelectronics.com/index.php?pg=ie_pdet&idp=152
      Lalu sdr buka bagian Application Note.

      Hapus
  3. maaf sebelumnya, mohon bantuannya saya sudah membeli DT SENSE TEMPERATURE SENSOR sebanyak 3 buah untuk mengecek temperature 3 tempat yang berbeda dengan arduino sebagai mikronya. Tetapi saya kebingungan bagaimana membaca 3 buah sensor pada mikro yang sama dengan modul ini terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sdr dapat menggunakan Komunikasi I2C antara DT-Sense Temperature Sensor dengan arduino. Aturlah jumper address (J3) pada DT-Sense Temperature Sensor menjadi 3 address yang berbeda. Untuk Informasi yang lebih detail dapat sdr pelajari pada manual di link:
      https://drive.google.com/folderview?id=0B9DZXsqQ8C7seVhzQjlCMEVLODg&usp=sharing&tid=0B9DZXsqQ8C7sUF9kTUIybFRxNjA

      Hapus
  4. Salam,
    Mohon bantuannya,
    untuk DT-Sense Flame Detector, apakah ada file arduino nya dan bagaimana menggunakannya dengan arduino ?
    Terimakasih
    Salam,

    BalasHapus