Ads 468x60px

Senin, 06 Agustus 2012

Membuat Robot Line Tracking hanya dalam waktu kurang dari 1 jam.

Ingin membuat robot line follower / line tracking, tetapi bingung mulai dari mana?
atau memiliki modul Arduino, tetapi binggung ingin membuat aplikasi seperti apa?

Salah satu kelebihan modul Arduino adalah begitu banyaknya modul add-on yang disediakan agar modul Arduino dapat berubah menjadi sebuah modul kompleks dan memiliki banyak fitur serta kecanggihan. Modul add-on tersebut biasa disebut sebagai Shield.

Saat ini Innovative Electronics telah meluncurkan produk terbaru, yaitu DT-Robot Line Tracking Shield. Sesuai dengan namanya, Shield ini akan berfungsi sebagai modul tambahan agar modul Arduino dapat dengan mudah menjadi Robot Line Tracking Shield.
DT-AVR Line Tracking Shield
Shield ini memang dirancang khusus sebagai shield untuk modul DT-AVR Inoduino, akan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan shield ini di modul Arduino yang lain, seperti Ardunio Uno ataupun Arduino Mega.

Shield ini telah dilengkapi dengan driver motor TB6612FNG yang berfungsi sebagai dapur pacu. Kecepetan dari motor dikendalikan dengan menggunakan PWM oleh kontroler melalui IC driver ini.
Pada bagian penggerak roda, digunakan 2 buah gear box motor berbahan metal yang dapat dikendalikan secara terpisah. Sedangkan untuk urusan kaki-kakinya, digunakan roda berbahan Alumunium dengan diameter 2,4 cm serta berbalut karet anti slip.

Pada bagian elektronik, shield ini menggunakan 2 buah sensor NPN-Silizium-Fototransistor (SFH 300) yang  berfungsi sebagai pengeliatan untuk melihat adanya garis / warna. Sensor ini dibantu dengan 1 buah LED yang berfungsi sebagai sumber cahaya dalam mendeteksi warna permukaan yang akan dideteksi.

Pada bagian software, produk ini telah dilengkapi dengan list program "LineTracking.pde" yang digunakan untuk mengatur kinerja robot dengan menggunakan software editor Arduino IDE. Selain itu, untuk mengatur kecepatan motor, penentuan nilai threshold, dan logika gerakan robot tidak perlu mengubah list program utama, tetapi gunakan saja software "Inoduino LT-Bot.exe".

Inoduino LT-Bot.exe


Pada paket penjualan, semua rangkaian shield ini sudah terpasang rapi dan telah melewati tahapan QC yang ketat. Adapun pada paket penjualan produk ini disertakan 1 buah kunci "L" untuk membantu dalam melakukan setting ulang roda atapun penggantian roda.

Proses perakitan shield dengan modul kontroler, seperti DT-AVR Inoduino, Arduino Mega dan Arduino Uno tidak memerlukan waktu yang lama. Kurang dari 1 jam saja, robot line follower / line tracking impian anda akan terwujud dengan mudah.

Berikut ini langkah-langkah singkat dalam merangkai DT-Robot Line Tracking Shield :
  1. Hubungkan DT-Robot Line Tracking Shield dengan modul DT-AVR Inoduino / Arduino Uno / Arduino Mega
  2. Upload sketch "LineTracking.pde" dengan menggunakan Arduino IDE
  3. Setting kecepatan, arah putar motor dan logika penggerakan robot melalui software "Inoduino LT-Bot.exe"
  4. Robot Line Tracking siap digunakan.


MVI 0022 from SupportIE on Vimeo.


MVI 0020 from SupportIE on Vimeo.

Keterangan lebih lengkap dapat kungjungi situs kami, www.InnovativeElectronics.com

Budayakan untuk membaca petunjuk penggunaan sebelum menggunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar