Ads 468x60px

Kamis, 12 Juli 2012

DARwIn-OP Humanoid Robot & Basic Bioloid Robot Training [Samarinda Seberang, 5-6 Juni 2012]

     Pada tanggal 5-6 Juni 2012, Innovative Electronics melalui Divisi Training menyelenggarakan "DARwIn-OP Humanoid Robot & Basic Bioloid Robot Training" di Samarinda Seberang. Training kali ini diikuti oleh 10 orang peserta.

Peserta training beserta instruktur
         
     Training kali ini secara ekslusif membahas robot humanoid DARwIn-OP. Ya, robot humanoid yang satu ini memang cukup menarik untuk dipelajari, selain fitur-fitur handal yang ditawarkan (sebanding dengan harganya), robot ini juga telah memiliki nama yang cukup populer di ajang RoboCup (event tahunan kompetisi humanoid robo soccer international), tentunya bukan hal yang aneh jika setiap orang cukup penasaran untuk "bermain" dengan robot humanoid ini. Robot humanoid ini telah dilengkapi dengan embedded PC (dual core), aktuator Dynamixel MX series dari Robotis, dan kamera 2 MP HD. Spesifikasi lebih lengkap mengenai robot humaoid ini terdapat pada link berikut ini [DARwIn-OP]
     Training ini terbagi menjadi 2 hari. Hari pertama membahas perihal overview DARwIn-OP, basic operational, dan sedikit proses development untuk DARwIn-OP. Hari kedua dilanjutkan lagi proses development yang lebih menekankan ke desain motion (gerakan) menggunakan action editor serta pemrograman dengan bahasa C++. Hari kedua juga membahas perihal troubleshooting untuk kasus-kasus yang umum dijumpai. Proses development DARwIn-OP terselesaikan pada tengah hari kedua. Sisa waktu tengah hari diisi dengan basic training untuk Bioloid Robot (predecessor DARwIn-OP).

Development DARwIn-OP pada posisi standing
     Peserta cukup antusias mengikuti setiap tahapan training walaupun robot humanoid ini cukup baru bagi peserta. Proses development DARwIn-OP yang berbasis full command line (tanpa GUI) tidak menyurutkan antusias peserta untuk berkreasi. Akhirnya, antusias dan kerja keras peserta terbayar lunas setelah berhasil memprogram dan mendesain gerakan untuk DARwIn-OP maupun Bioloid Robot.
             
Peserta sedang sibuk "bermain" dengan robot

Hasil kreasi peserta dengan DARwIn-OP terdapat pada video berikut ini:


DARwIn-OP Dance from Support Team 2 IE on Vimeo.

     Robot humanoid DARwIn-OP ini dapat digunakan untuk ikut serta pada ajang Kontes Robot Seni Indonesia maupun Kontes Robo Soccer yang setiap tahun diadakan di Indonesia. Robot humanoid ini dapat di-explore dan dikembangkan lebih lanjut untuk berbagai riset dan aplikasi.      

Selamat berkarya dan berinovasi !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar