Ads 468x60px

Jumat, 01 Juni 2012

Mengapa DT-HiQ AVR USB ISP/DT-HiQ AVR-51 USB ISP diupgrade menjadi versi mkII?

Cukup banyak para konsumen yang telah memiliki DT-HiQ AVR USP ISP / DT-HiQ AVR-51 USB ISP [versi STK500] bertanya-tanya perihal perubahan protokol komunikasi dari STK500/AVRISP menjadi AVRISP mkII. Mengapa harus dilakukan upgrade? Bukankah instalasi driver dari mkII lebih sulit dari STK500? Apa keunggulan dari AVRISP mkII?
Berikut ini penjelsan singkat perihal alasan penggantian protokol ke AVRISP mkII dan keunggulan dari protokol tersebut.

Penggunaan programmer AVR berbasis STK500 pada awalnya menggunakan antarmuka serial. Sesuai dengan berjalannya waktu, penggunaan serial cukup ketinggalan jaman dengan adanya port USB. Oleh sebab itu, programmer AVR yang masih menggunakan STK500 menambahkan sebuah IC USB to Serial / IC mikrokontroler yang memiliki USB controller agar programmer tersebut dapat tetap berfungsi dengan menggunakan port USB. Dengan cara ini, maka protokol STK500 yang masih terhubung ke port serial masih dapat digunakan. Karena dengan cara ini, PC akan membuat Virtual COMPORT di PC tersebut.

Sesuai berjalannya waktu, hadirlah protokol programmer AVR baru, yaitu STK500 versi 2 / AVRISP versi 2 atau AVRISP mkII. Pada versi ini, protokol dari STK500v2 telah sepenuhnya dirancang untuk antarmuka port USB, Selain berbeda dari sisi penggunaan port, STK500v2 juga memiliki tingkat kestabilan yang lebih tinggi pada saat proses pengiriman data. Hal ini terbukti dengan tidak lagi ditemukannya "Error Leaving Programming Mode" yang pada umumnya terjadi ketika menggunakan programmer AVR STK500 dengan software compiler CodeVisionAVR.

Perihal instalasi driver yang susah, hal ini sebenarnya tidaklah benar. Instalasi driver dari STK500v2 atau AVRISP mkII sudah satu paket pada instalasi AVRStudio. Setelah software AVRStudio dan driver Jungo terinstal dengan benar, maka DT-HiQ AVR USB ISP /DT-HiQ AVR-51 ISP sudah siap digunakan untuk memprogram IC mikrokontroler AVR.

Mengapa harus diupdate ke versi STK500v2 / AVRISP mkII?
  • Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, versi STK500 memiliki cukup banyak kelemahan, antaralain pengaksesan port serial yang tidak stabil
  • Pada CodeVisionAVR pengakses port serial selalu terbuka setelah melakukan programming, sehingga dengan port yang sama tidak bisa digunakan sebagai jalur komunikasi data sebelum jendela programming pada CodeVisioAVR ditutup.
  • Tidak adanya Error Leaving Programming Mode yang tiba-tiba terjadi pada saat proses pengisian data.
  • Protokol STK500v2 memang dirancang untuk antrarmuka USB, sehingga sangat kompatibel dan relatif lebih stabil.

Sebagai informasi, saat ini DT-HiQ AVR USB ISP [versi STK500] dan DT-HiQ AVR-51 USB ISP [versi STK500] tidak diproduksi lagi. Sebagai pengganti ada DT-HiQ AVR USB ISP [versi mkII] dan DT-HiQ AVR-51 USB ISP [versi mkII].

Perihal cara instalasi driver dan pembuatan target board dapat ditemukan DVD yang disertakan pada paket penjualan.
Perihal pertanyaan dan solusi untuk setiap permasalah dari penggunaan DT-HiQ AVR USB ISP atau DT-HiQ AVR-51 USB ISP dapat ditemukan pada halaman FAQ

Budayakan untuk membaca petunjuk penggunaan sebelum menggunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar