Ads 468x60px

Rabu, 25 April 2012

Sistem Pemantauan Suhu Melalui Jaringan Ethernet [AN192]

Pada sistem aplikasi industri, pemantauan suatu sistem tidak hanya dilakukan dimana proses industri tersebut terjadi, akan tetapi bisa dipantau dari jarak jauh (luar kota dan bahkan luar negeri). Tidak hanya proses pemantauan saja, akan tetapi pada proses pengaturan dan perawatan suatu perlatan industri sangat diperlukan untuk dapat dikendalikan dari jarak jauh. Pada aplikasi ini hanya membahas sebatas sistem logika awal dari sistem tersebut, perihal pengembangan lebih lanjut, dapat disesuaikan dengan keperluan dari sistem yang akan di implementasikan.


Berbasiskan modul mikrokontroler DT-AVR Low Cost Micro System (ATmega8535), aplikasi ini akan memantau suhu suatu ruangan dengan menggunakan modul sensor DT-Sense Temperatures Sensor (LM35) dan data tersebut akan dikirimkan ke komputer web server melalui jaringan ethernet. Sesuai dengan datasheet dari ATmega8535, mikrokontroler jenis ini tidak dipersenjatai dengan ethernet kontroler yang memungkinkan mikrokontroler ini bercakap-cakap dengan device lain melalui jaringan ethernet. Kemudian, bagiamana dengan aplikasi ini, bukankan juga menggunakan jaringan ethernet untuk mengirimkan data suhu ruangan?
Ini dia solusinya : DT-I/O TCP/IP to UART Converter.
Modul ini merupakan konverter data dari antarmuka serial ke ethernet dan juga sebaliknya. Berbasiskan WIZ105SR sebagai converter Ethernet to Serial TTL, memungkinkan mikrokontroler yang tidak memiliki ethernet kontroler dapat berinteraksi dengan device lain melalui jaringan ethernet.

Berikut ini rangkaian dari AN192

Program di mikrokontroler pada aplikasi ini dikembangkan menggunakan bahasa C dengan menggunakan compiler AVR-GCC (WINAVR).

Pada sisi Web-Server, digunakan prorgram web berbasis PHP untuk menerima data dari mikrokontroler dan menampilkan suhu di PC Client.


Apabila sistem ini ingin dikembangkan lebih lanjut, berikut ini contoh aplikasi yang mungkin dapat dikembangkan dengan berbasiskan AN192.

Keterangan lengkap perihal AN192 dapat ditemukan pada situs Innovative Electronics di halaman AN.
Selamat Berinovasi!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar